Trik dan tips memotret foto keren dengan smartphone

Last modified date

Comments: 0

Zaman serba digital, media sosial jadi tempat bersosialisasi. Tak jarang kita menemukan foto yang aduhai di beranda kita. Kamu pun tertarik dan berusasha meniru namun apa daya skill yang berbeda membuat hasil berantakan. Pernahkah kamu memfoto tapi hasil foto temanmu lebih ciamik? Jika iya maka tips berikut cocok untuk kamu coba.

Banyak faktor yang mempengaruhi hasil jepretan. Salah satunya skill bukan hanya skill memotret saja. Melakukan editing juga sangat penting. Bisa dibilang kini hampir semua foto akan diedit terlebih dahulu sebelum diupload.

Bagikamu yang budget low atau mau mendalami fotografi di bidang ponsel hal berikut bisa kamu terapkan dan perhatikan dalam sesi fotomu.

Device

Tak bisa dipungkiri device menjadi hal yang penting dalam fotografi. Tak heran para profesional rela merogoh ratusan juta untuk kamera dan aksesoris pendukung top tier. Ponselpun demikian namun bedanya tak hanya spesifikasi saja. Dismartphone detail di kertas tak melulu menunjukkan hasil. Semisal ponsel yang gembar-gembor punya kamera 48mp hasilnya bisa jelek dibanding pixel 4 yang 16mp atau iphone x yang 12mp. Dikamera SLR/DSLR hasil bagus karena ukuran sensor. Tidak pduli berapa megapixel kamera tersebut. Ukuran megapixel hanyalah satuan pixel yang akan direcord pada gambar. Dalam hal smartphone baiknya dilihat dari image processing software dan sensor yang digunakan. Jadi bila mampu baiknya pakailah ponsel terbaikmu.

Pencahayaan

Dalam foto pencahayaan menjadi hal yang krusial. Keras halusnya cahaya dan bayangan akan berpengaruh besar. Bila foto outdoor baiknya saat matahari tak lebih dari 45⁰. Bila tepat di atas misal di siang hari cahaya terlalu keras dan akan sulit untuk memotret objek khusunya manusia. Selain pagi dan sore hari kala mendung juga dapat dijadikan pilihan. Karena cahaya akan lembut dan tidak silau.

Baca Juga  Tips memilih VGA bekas

Angle atau sudut pengambilan foto

Hal berikutnya adalah pemilihan angle yang tepat. kamu bisa menggunakan rule of thirds atau patokan grid lain. Penggunaan rule of thirds dapat kamu lakukan dengan menempatkan objek di tengah atau di persilangan grid. Posisi memotretmu misal dari bawah yang memberi kesan megah dan angkuh. Mungkin dari atas yang bisa juga pas di kondisi tertentu

contoh posisi penggunaan rule of thirds

Komposisi foto

Banyak hal yang dapat kamu coba dalam menyelaraskan komposisi suatu foto. Misal jumlah objek dan penempatanya, keselarasan background dan properti pendukung. Kamu juga bisa memakai objek single di background polos atau full bokeh untuk kesan mendetail. Warna juga mempengaruhi komposisi suatu foto baiknya objek memiliki warna yang mencolok dan tak berbaur dengan background

Ketajaman foto

Memang tak banyak yang dapat di harapkan dari ponsel. ukuran sensor sangat mempengaruhi depth of field dan sharpness dari hasil foto. Namun usahakan agar objek dalam lingkup fokus. Foto yang tidak fokus akan berhasil tak memuaskan.

Gunakan mode pro atau AI bila mendukung

Ponsel zaman sekarang sudah banyak yang menyediakan AI atau mode pro. AI akan melakukan coloring dan pengaturan otomatis hingga menghasilkan foto bagus. Namun bila kamu paham betul perkameraan mode pro akan jadi pilihan utama. kamu dapat mengatur banyak hal dari ISO, aperture, shutter speed dan lainnya.

Post processing

Proses sebelum foto benar-benar jadi, dapat dilakuakan dengan banyak cara. Mulai dari pemfilteran sampai editing. Perlu di catat disini skill editing kamu di uji. Crop, rotate, color corection, tuning, penambahan efek. Banyak sekali yang dapat kamu perbuat. Editing dapat kamu lakukan dengan banyak aplikasi yang tersedia di luar sana. dari yang gratis sampai yang berbayar, dari yang simple sampai yang rumit. Semua tersedia di luar sana.

Baca Juga  List kartu baru Legends Of Runeterra: GUARDIANS OF THE ANCIENT

Bila hal-hal diatas kamu perhatikan dan terapkan dalam sesi fotomu. Bisa jadi foto yang kamu hasilkan dapat menjadi inspirasi orang lain. Hal terpenting dalam fotografi sendiri adalah kreatifitas. Kreatifitas mahal harganya tak heran artist mematok harga tinggi karena hal yang dibayar bukan cuma gerakannya. Tapi juga kreatifitas dan proses belajarnya sampai bisa sehebat itu.

Semoga bermanfaat dan salam.

BE CREATIVE

Contoh hasil foto Wageyman dengan PIXEL 4 punya temen. Ga pake watermark jadi bebas di colong kalo menghargai ya bisa ijin dulu.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment