Tips memilih VGA bekas

Last modified date

Comments: 0

vga bekas

Memang sih, merakit PC memang dambaan banyak manusia. Terlebih lagi para gamer macam Wageyman.com. Namunkadang budget minim jadi salah satu alasan yang menyulitkan kita. Apalagi bagi kalian yang pelajar. Alhasil beli part bekas menjadi solusi. Salah satu yang paling krusial terlebih untuk Gamer adalah VGA. Kartu grafis memang jadi primadona. Namun harga juga mahal minta ampun. apalagi seri-seri terbaru yang bisa menyentuh 10 jutaan.

Nah berhubung VGA jadi prioritas tak heran stok di pasaran ludes. Sebagai gamer kere hore kita cuma kuat beli yang murah atau bekas. Tapi hati-hati, beli bekas banyak resikonya. Dari pada tertipu atau salah beli coba simak beberapa tips yang Wageyman.com bakal berikan.

Pilih-pilih seller.

Ya. seller itu memegang peranan penting. Baiknya sebagai pembeli kita harus elektif dalam memilih seller. Kita bisa memilih yang sudah terbukti atau perorangan yang memang dapat di percaya. Sebab tak jarang juga ada seller yang “kabur” setelah berhasil menjual VGA yang tak layak.

Semisal mau membeli di forum atau grup facebook misalnya. Baiknya pilihlah seller yang sekiranya dapat di percaya. Bila aanda kurang yakin anda dapat melakuakan “riset” pada suatu seller. Apakah bisa dipercaya atau tidak.

Lebih bagus lagi menggunakan marketplace. Seperti tokopedia atau buka lapak dimana transaksi lebih aman. Detail baarang juga tertulis atau dapat ditanyakan dulu.

Cek merk dan type

Jangan sampai kamu beli VGA bodong. Belilah yang memang bermerk dan terjamin. Jangan asal. VGA kok gambar Spiderman bawa menyan. pastikan beli VGA yang benar. Jangan tertipu merk ecek-ecek yang tidakk jelas. Anda dapat membeli beberapa merk VGA misal

  • MSI
  • ASUS
  • GALAX
  • PALIT
  • GIGABYTE
  • ZOTAC
  • Atau yang lainnya.
Baca Juga  Tips urban exploration di jepang

Hati-hati harga murah.

Siapa saja pasti tergiur dengan harga yang murah. Namun anda harus berhati-hati! Tak jarang seller nakal menjual VGA dengan harga murah karena kondisi VGA yang tak layak. Mungkin karena artifact atau cacad hardware. Baiknya lakukan riset harga standar pasaran VGA tersebut. Namun perlu juga di ingat kadang ada juga yang memang memasang harga rendah memang karena tak mencari untung. Pengalaman Wageyman.com Pernah dapat GTX 1060 6gb di kisaran 2jtan.

Adanya Garansi.

Bila suatu seller memberi garansi kemungkinan VGA tersebut layak. Layak disini bermaksud bila kita membeli dan ada kecacatan, kita bisa claim garansi. Namun pastikan seller bukan tukang “kabur” lo ya. Bila ada garansi kita bisa melakukan checking leluasa. misal overclock atau checking pada kondisi VGA itu sendiri.

Cari yang tak “Berumur”.

Nah kalo ini sendiri bermaksut untuk menghindari VGA tua. Karena seiring umur maka kemungkinan artifak juga mudah muncul. anda bisa tau umur VGA dari sellernya sendiri atau anda dapat melihat “GAP” dari VGA tersebut ke generasi VGA yang baru. Perlu di ingat frekuensi pemakaian juga berpengaruh. Antara yang ssering atau jarang dipakai. Baiknya kita ambil yang tengah.

Cek kondisi VGA.

Yang tak kalah penting andalah check kondisi hardware. Di VGA ada harus check bagian fan, heatsink, kapasitor, dan body. Pastikan bagian Heatsink tidak mengalami korosi. Karena dapat menyebabkan distribusi panas yang buruk. Alhasil Overheat mudah terjadi dan fan harus kerja ekstra.

Utamakan bekas gamer

VGA kadang di salah gunakan. Kok gitu? mining misal. memang bukan hal yang buruk sih. Namun bila anda ingin membeli untuk pemakaian pribadi, baiknya hindari bekas mining. VGA mining biasanya telah di kuras ekstra, 24jam kerja tanpa henti. kebanyakan bekas mining tak bertahan lama. Hati-hati saat membeli. karena seller kadang tak mau mengakui VGA mining. Kita harus pintar mencari asal-usul VGA tersebut.

Baca Juga  Cara mudah mencari lagu jepang dan OST anime dengan bot

Cek keaslian BIOS

Bila memungkinkan anda dapat melakukan cek BIOS apakah telah dilakukkan modding. Anda dapat membandingan dengan CPUZ antara VGA tersebut dengan yang asli. Bila ada perubahan clock, memory clock, dan bandwith berarti BIOS VGA pernah di MOD untuk tujuan tertentu.

Nah gimana? ribetkan😅. VGA emang banyak kasusnya. Jadi jadilah pembeli smart. jangan asal beli mentang mentang ada duit. dan catatan bila aanda miner yang mau jual vga

Kebanyakan mah

jika VGA kalian di mod menggunakan bios non standar. ada kemungkinan ketika di flash balik ke bios aslinya. terjadi BRICK.

Faktanya kebanyakan begitu karena BIOS mod VGA biasanya cuma optimal di tujuan mod tanpa utility. tak seperti BIOS standar. Yang pastinya telah diuji kelayakannya bila dilakukan update atau downdate.

Bersukulah anda yang membaca. Semoga menambah ilmu. Yang mining jual Gaming mending tobat. Sekian dari Wageyman.com salam

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment