Tips memilih monitor gaming

Last modified date

Comments: 0

monitor gaming

Buat kalian para gamer, tentu ingin device yang memadai. Selain untuk menunjang pengalaman bermain. Device yang proper bisa sebagai “Garis aman” untuk menunjang game baru yang akan datang.

Nah, untuk kamu yang para gamer tak hanya pc saja yang harus gahar. Periperal pendukung pun harus sesuai. Tak jarang para gamer bakar uang untuk VGA namun minim untuk monitor. Ya kalik pc kuat 100+ fps monitor cuma 60hz.

Memilih monitor sendiri juga tidak asal. Jangan melulu mentang-mentang bermerk dan ber embel-embel gaming. Berikut beberapa hal yang bisa kamu jadikan acuan saat memilih monitor gaming.

Resolusi.

Kini resolusi gaming terutama pc sudah ada yang menyentuh 8k. Tapi bagi kita 2k sudah sangat jernih di mata bukan. Sebelum kamu beli monitor tentukan dulu seberapa resolusi yang pas untuk pc kamu. Apakah 1080p cukup atau 2k.

Ukuran layar.

Bukankah ini sama dengan resolusi? Oh tidak. Ukuran layar disini memang menyangkut resolusi tapi agak berbeda. bukan jumlah pixel tapi merujuk ke ukuran. Karena diluar sana ada monitor dengan ukuran sama namun beresolusi berbeda. Baiknya kamu memilih yang memiliki kerapatan pixel yang tinggi. Misal 24inch dengan 1366×768 atau 24inch dengan 1980×1080. Lebih baik 24inch dengan 1980×1080 karena kerapatan pixel yang lebih besar.

Refresh rate.

Ini adalah tolak ukur kemampuan monitor merefresh frame per detiknya. Untuk ukuran gaming 60hz untuk minimal. Dan standar 144hz untuk sekarang. Semakin tinggi maka semakin smooth pula tampilan layar. Ini sangat berguna untuk game FPS atau game kompetitif. Karena game tersebut memerlukan refresh rate yang tinggi.

Response time.

Ini mengacu pada kemampuan pixel berganti warna satu ke yang lain. Biasanya diukur dengan sastuan milisecond(ms). Baiknya untuk gamer kompetitif dan FPS atau game yang memerlukan respons time cepat. Untuk gamer ssendiri 1ms sangat wajib. Karena mengurangi kemungkinan tearing atau gambar retak pada layar.

Baca Juga  10 Smart TV terbaik awal 2021

Tipe panel.

Ini merujuk pada jenis panel apa ang digunakan si monitor. Tiap panel memiliki kelebihan dan kekurangan. Misal IPS yang bagus untuk view angel tapi tidak dengan refresh rate dan response time. Atau TN yang sebaliknya atau VA yang menjadi penengah keduanya. Untuk PC gaming sendiri IPS menurut saya tak begitu perlu mengingat kita look straight ke monitor.

Adaptive sync.

Suatu fitur untuk mengurangi tearing saat bermain game. Dipasaran ada NVIDIA G-Sync dan AMD FreeSync. Dimana biasanya Nvidia lebih mahal namun kamu bisa memilih sesuai hardware yang kamu miliki.

Color gamut

Color gamut adalah rentang jangkauan warna yang dapat dilihat mata. Apabila lebih luas maka reproduksi warna jauh lebih baik. Efeknya meningkatkan kualitas visual gambar dan elemen detil grafis. Tak hanya gamer. Pekerja bidang grafik menomor satukan ini. Apakah menyangkup sRGB, AdobRGB, dan NTSC. Atau hanya condong ke salah satu saja.

Fitur monitor.

Pilihlah monitor yang memiliki banyak fitur. Tak hanya display port seperti DVI atau HDMI. Namun juga adanya fitur tambahan semisal port USB, Panel button dan sebagainya. Semakin banyak fitur yang di tawarkan maka semakin bagus. Atau anda ingin yang lengung(curved), HDR dan banyak lagi.

Selain hal-hal diatas kamu sebagai pembeli juga harus hati hati saat membeli. Terlebih untuk munculnya Dead pixel. Sebaiknya kamu melakukan pengecekan mendetail. Terutama pada kemampuan RGB dan ada tidaknya dead pixel pada layar. Bila kamu menemukannya baiknya segera klaim garansi dan ganti yang baru. Sekian dari Wageyman.com Semoga membantu bagi kamu yang dilema dalam mencari monitor baru. Jangan lupa perhatikan harga pasaran. GOOD LUCK ☺

Baca Juga  Kamera HP bisa mengalahkan DSLR ? Simak dulu penjelasannya

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment