Mengatasi PC freeze setelah Idle.

Last modified date

Comments: 2

Trouble pada PC memang dapat hadir kapanpun. Bisa terjadi karena banak faktor juga. Ada yang bisa langsung diketahui dan ada yang susah untuk di cari tahu. Salah satunya mungkin suatu kasus dimana kamu menemukan PC kesayangan freezing setelah idle(tak digunakan) beberapa saat.

Masalah ini bisa sangat menyebalkan, dari mulai masalah project yang belum disimpan sampai hal penting lain yang ingin di simpan. Bagi kamu yang sekiranya penrnah mengalami hal ini berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya

Disable FastBoot pada BIOS

Cara yang dapat kamu terapkan bisa dengan mematikan fastboot. Dalam beberapa kasus fastboot bisa menjadi inti masalah. Fitur fastboot ini sebenarnya untuk mengurangi jumlah driver dan program pada awal boot. Tapi kadang fitur ini salah membaca suatu driver sehingga terjadi cacat pada proses pembukaan driver yang berdampak freezing saat PC tak digunakan setelah beberapa saat.

Untuk memetikan fastboot kamu cukup masuk pada BIOS lalu disable fastboot. Biasanya settingan ini terdapat pada menu BOOT atau ADVANCE SETTING.

Matikan Windows Fast StartUp

Ini adalah suatu fitur yang baru pada windows 10. Berfungsi mirip dengan fastboot namun berjalan dibawah OS. Fitur ini berguna untuk mempercepat startup pada saat sleep atau hibernate.

Untuk mematikan fitur ini kamu bisa masuk ke Power options pada Control panel. Lalu buka Choose what the power buttons do.

pilih Change settings that are currently unavailable. lalu disable fast startup lalu save setting.

Matikan Disk Scheduled Optimization

Bisa jadi kasus freezing pc terjadi karena windows gagal menjalankan jadwal optimisasi disk. Untuk mematikannya tinggal buka file explorer klik kanan pada partisi apa saja dan klik properties. Pada tab tool klik tombol optimize, pada Scheduled Optimization klik change setting lalu uncheck Scheduled Optimization

Overheat dan overclocking trouble.

Nah yang paling jarang karena PC idle adalah overheat dan overclocking. Freeze yang terjadi karena overheat dan overclocking biasanya terjadi saat kerja berat. Bukan karena idle namun hal ini bisa saja terjadi jadi bisa kamu check suhu dan settingan overclockmu bilapunberhasil.

Baca Juga  Cara mudah membuat email sementara tanpa ribet

Dengan beberapa cara tadi bisa kamu terapkan pada PCmu yang freezing. bila tetap terjadi berulang bisa saja hardwaremu bermasalah atau windows broken. Dalam kasus windows rusak cukup kamu instal ulang saja. Ok semoga berhasil. GL

Share

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment