Mengatasi laptop sering not responding

Last modified date

Comment: 1

Pengguna pc atau laptop mungkin relate dengan kasus not responding. banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya not responding. Dari mulai masalahh hardware sampai software. Hal yang mungkin sering kamu lakukan saat terjadi not responding adalah dengan task manager.

Yang paling serring terjadi ialah jumlah aplikasi yang terlalu banyak menggunakan RAM. Yang mengakibatkan RAM penuhhingga menyebabkan not responding. Terlebih bila laptopmu memiliki RAM kecil atau berumur.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat mencoba beberapa opsi berikut. Yang mungkin dapat kamu implementasikan di device kesayanganmu.

Hapus aplikasi yang tak berguna

Bila kamu memiliki banyak aplikasi baiknya menghapus beberapa. Terutama aplikasi yang memakan RAM untuk service bahkan walau tak kamu gunakan. Bisa juga dengan mematikan auto startup pada task manager untuk aplikassi yang berjalan otomatis saat booting.

Gunakan aplikasi alternatif

Kamu juga dapat mengganti aplikasi berat dengan alternatif yang lebih ringan. Semisal Photoshop yang dapat kamu ganti dengan versi tua yang lebih ringan atau aplikasi editing alternatif.

Bersihkan BIOS cache

Bertujuan untuk menghapus cache BIOS yang mungkin saja mengendap dan menyebabkan booting yang lebih lama. Terlebih bila kamu sering pasang copot pheriperal yang mempengaruhi jumlah driver yang terinstal otomatis di devicemu. Hal ini dapat kamu lakukan dengan

  • Langkah pertama yang pelu dilakukan restart laptop.
  • Masuk menu BIOS. Pada menu tersebut setiap jenis laptop berbeda – beda.
  • Langkah selanjutnya cari advances BIOS features, dan pilih Cache BIOS.
  • Jika anda telah menemukannya ganti disable pada kata tersebut.
  • Kemudian simpan perubahan tersebut lalu reboot.

Jangan menggunakan aplikasi bajakan atau unoptimized

Bila kamu menggunakan aplikasi bajakan lebih baik kamu tobat. Karena tak jarang file bajakan kadang disertai virus atau juga kemungkinan aplikasi yang tak setabil. Bisa karena crack yang tak sempurna atau virus. Baiiknya gunakan aplikasi gratis alternatif.

Baca Juga  Cara jitu menulis bahasa inggris tanpa takut salah.

Tahu kapasitas laptop

kapsitas disini bukan hanya storage. Namun juga spec yang kamu pakai. jangan paksa laptopmu terlebih yang kentang untuk menjalankan aplikasi berat. Bila kamu paksa sudah pasti lag dan not responding akan selalu ada. Karena memang bukan kapasitas laptop tersebut menjalankan aplikasi berat.

Jangan pasang antivirus berlebih

Misal kamu memasang 2 antivirus lebih baik kamu hapus salah satu. atau mungkin bila kamu selalu update windows itu sudah cukup gahar mengatasi virus. Selama selalu kamu update, tapi juga harus dibarengi dengan aktifitasmu yang tak berbahaya. Seperti membuka link tak jelas

Bila mau membuka link tak jelas baiknya baca panduan berikut

Instal ulang

Ini sebenarnya cuma untuk mereset ulang dari awal. Bisa juga membuang semua service dan memulai dari awal saja. Sebenarnya saya sendiri kurang rekomendasi karena bila kamu instal ulang windows namun memasang aplikasi-aplikasi yang sama lagi pasti lag juga hadir lagi.

Last Metod

Nah metode terahir tentunya upgrade device. Bisa kamu beralih ke SSD, perbesar RAM, atau ganti device baru. Perkembangan teknologi makin maju. Software baru kadang perlu spec yang gahar jadi mungkin laptop tua dan kentangmu memang sudah harus dimuseumkan.

Namun semua kembali lagi ke kita dan juga aktifitas apa yang kita kerjakan dengan device kita. Laptop kentang pun bila tak melakukan pekerjaan yang berat tentu juga tak perlu untuk di upgrade selagi masih berfungsi.

Share

1 Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment