Kamera HP bisa mengalahkan DSLR ? Simak dulu penjelasannya

Last modified date

Comments: 0

Sebenarnya sudah lama ada pembahasan mengenai judul tadi. Apakah benar kamera HP mampu mengalahkan DSLR atau mirrorless?

Pertama hal yang wageyman harus tekankan disini saya membahas kameranya. Bukan skill foto dari orang di belakang kamera. Saya menyimpulakan dari kemampuan kamera sendiri. Karena jika hasil foto maka tak akan cocok karena disini saya membandingkan kamera bukan skill. Jadi bila sekiranya kamu Bacot masalah hasil tapi tak memberikan komparasi perbandingan yang seimbang maka kamu cuma fansgay.

Nah dari bahaan kamera ada beberapa poin utama yang saya jadikan perbandingan. dari poin tersebut dappat disimpulkan sebagai beberapa poin antara lain

Ukuran Mega Pixel

Pertama saya tekankan semakin banyak megapixel bukan berarti semakin bagus. Dalam ponsel misalnya, HP 108mp belum tentu menang dari 42mp bahkan 12mp. Satuan MP hanyalah jumlah titik yang dapat di tampung dalam sekali jepret. Tingkat ketajaman juga tak dapat di cocokkan disini. Ukuran sensor dan image processing yang biasanya menghandle. Jadi bila ada orang yang bilang MP besar = gambar makin bagus, Maka orang tersebut tak 100% betul.

Ukuran sensor

Bisa dibilang inti dalam foto, sensor menjadi hal yang bisa menjadi tolak ukur ketimbang MP. Perlu saya tekankan juga HP hanya memiliki ukuran sensor yang terbatas bila di banding DSLR atau mirrorless. Dalam kamera pun ada full frame dan aps-c. Mungkin orang awam kesulitan membedakan hasil aps-c dengan full frame. Tapi bila setidaknya kamu handson dan melihat hasil langsung maka kamu tau sendiri beedanya. Semakin besar dan bagus kualitas sensor gambar yang dihasilkan pun semakin tajam dan jernih.

Image procesing

Dalam kamera pasti ada proses pengubahan cahaya menjadi gambar. Yang menjadi pembeda adalah caranya. Dalam ponsel misalnya yang sangat terlihat mungkin kamu menemukan suatu gambar ponsel S ssebih tajam dari X walau MP si-S lebih kecil. Nah itu dikarenakan image processing dan sensor juga faktor lain yang mempengaruhi

Baca Juga  Tips memilih monitor gaming

Tingkat Kontrol

Dalam kamera dan fotografi kita mengenal segitiga eksplosure. Mencangkup shutter speed, iso , dan aparture. Mungkin ponsel sekarang menghadirkan mode pro untuk leluasa dalam melakukan setting iso, fokus, dll. Namun dalam kamera DSLR dan Mirrorless membeerikan kemudahan lebih dan lebih leluasa misal melakukan setting.

Kesimpulan

Kamera HP bisa mengalahkan DSLR ?. Jawaban saya tidak. dari ukuran teknologi saja ponsel tak mungkin menyamai kamera yang jelas-jelas kamera itu untuk memotret. Dan kamera pada ponsel adalah untuk meringkas pengambilan foto tersebut. Dalam ukuran teknologi saja sudah berbeda. Kamera 100% untuk pengambilan gambar dan ponsel hanya 20% mungkin.

Kamera HP mungkin menang di”ringkas”. Kalo kualitas ya maaf, masih kalah. Simpelnya lihat saja para profesional pakainya kamera top tear karena ya memang itu yang mereka butuhkan. Bila mereka tak mencari hasil yang TOP mereka juga pasti tak mau membeli kamera ratusan juta.

Jadi bila misal ada temen kamu atau kamu yang bersikukuh kamera HP ini ngalahin dslr atau mirrorless coba deh kamu tabok pakai hasil kamera. Bila membandingkan Hp keluaran terbaruboleh juga dong aku membandingka dengan kamera keluaran terbaru.

Semisal dia bersikukuh s20 ngalahin DSLR atau mirrorless coba deh di tabok pakai Sony α1. Nangis darah pasti. Dan disini saya gak menjelekkan kamera HP. Udah keren keren kok sekarang. Tinggal yang pegang saja, masalah hasil selagi yang pegang handal ya bagus. Tapi bila berbicara kapasitas Kamera 100% pasti menang.

Yang salah adalah mereka yang bersikukuh dan menganggap diri mereka banar dan lain salah. Semisal saya salah atau mau protes mari berdikusi di bawah. Saya siap melayani.

Baca Juga  Cara streaming lagu di youtube tanpa video

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment