Cara mengatasi PC restart sendiri saat bermain game

Last modified date

Comments: 2

Halo PC gamer, adakkah yang mengalami masalah serupa. Dimana PC kesayangan restart sendiri kala bermain game. Sebenarnya banya faktor yang dapat mempengaruhi hal ini dari mulai hardware hingga software. Namun untuk software sendiri cukup jarang selagi kalian melakukan update pada driver maupun OS.

Sebenarnya hal ini sering terjadi khususnya saat kamu misal menggunakan PSU bekas/tua. Biasanya dikarenakan power management yang tak sempurna. Selain hal tadi banyak faktor lain yang mungkin dapat mempengaruhi. Oleh karenanya cobalah beberapa cara berikut.

Check PSU

Poin utama yang memungkinkan crash ini ialah ketidak mampuan PSU dalam management daya. Untuk mencobanya kamu dapat mencoba dengan PSU lain. Bila crash masih terjadi berarti PSU bukan menjadi masalah. Namun bila teratasi bisa dipastikan PSU yang kamu pakai bermasalah dan harus diganti.

Sekedar catatan bila kamu merakit suatu PC. Usahakan PSU kamu beri budget lebih jangan hanya ke VGA atau processor. PSU sendiri adalah distributor daya, bila bermasalah tak menutup kemungkinan komponen lain juga bermasalah.

Check Kabel

Dalam management power tentu kabel penghubung menjadi kunci utama penyebaran daya. Dalam kasus PC restart sendiri perlu dilihat pada bagian kabel. Untuk beberapa kasus “Daisy Chaining” menjadi biang masalahnya.

Daisy Chaining sendiri bisa dibilang suatu management kabel dengan menempatkan satu kabel ke suatu port kemudian menyambungnya ke port lain. Nah dalam bidang PC biasanya dapat kamu perhaikan di VGA.

Bila VGAmu gahar biasanya menggunakan 2 port PCIe entah itu 8pin dan 6pin, atau 8×2 pin. Dalam kasus pc restart sendiri dapat kamu coba menggunakkan 1 kabel untuk 1 port. Jangan gunakkan 1 kabel yang bercabang.

Sumber: Corsair

Efek OverClock yang tak sempurna.

Semisal di settingan BIOS kamu ubah-ubah pada bagian OC itu juga dapat berpengaruh. Bahkan semisal dilengkapi fitur GAMING MODE dalam beberapa kasus juga mempengaruhi. OC dalam bentuk apapapun bila tidak optimize akan menimbulkan efek samping. Jadi bila kamu meelakukan OC atau menghidupkan Gaming mode baiknya kamu matikan atau reset BIOS.

Baca Juga  Cara memperbaiki vga Artifact

Bila Hal tersebut menyembuhkan PC yang restart sendiri berarti OC yang kamu lakukan CACAT. Ini menimbulkan efek buruk kedepannya salah satunya kerusakan komponen.

OverHeat

Selaih hal tadi suhu dari komponen pc juga dapat berpengaruh. Management air flow yang salah atau penggunaan heatshink yang kurang cocok dapat mempengaruhi.

Untuk meminimalisir hal ini kamu bisa mulai dari pembenahan air flow atau penggantian pasta. Atau juga bisa mengganti heatshink bila dirasa kurang dalam mengendalikan panas.

Nah dari hal tadi dapat kamu coba untuk mengatasi PC restart sendiri saat bermain game. Atau mungkin juga PC restart sendiri kata tak bermain game. Semoga cara tadi dapat mengatasi dilemamu. Sekian dan salam bila ada pertanyaan dapat kamu tulis di kolom komentar.

Share

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment