15 CMD command yang orang tidak tahu

CMD atau Command Prompt semakin lama semakin ditinggalkan ya karena banyak fitur yang sudah dimasukkan pada interface windows untuk memudahkan kita para pengguna. Walau demikian masih belum semua fitur command di cmd yang di implementasikan kedalam user interface windows sendiri. Alasan dibalik ini bisa jadi karena beberapa command memang diperuntukan untuk advance user yang memerlukan sesuatu fitur yang tak semua user pakai.

Bagusnya CMD sebagai salah satu text-based input command yang sangat tua lintas era juga mendapat update dan penambahan fitur terlebih di windows terbaru seperti windows 10. Nah mungkin banyak orang yang sudah tahu fitur “dasar” CMD tapi mungkin beberapa command berikut dapat menambah pengetahuanmu agar bisa lebih advance dalam menggunakan CMD yang memang terkesan lebbih keren dari pada memakai interface berbasis non text-input based.

Cipher

Menghapus file sebenarnya hanya membuat file tak dapat di akses saja, file yang sesungguhnya mungkin masih terdapat dalam storage namun tak ada alamat untuk mengaksesnya. file sendiri akan benar-benar hilang bila sudah ditimpa dengan file baru.

Nah disini peran Cipher berada, dengan command ini akan menulis file random untuk menghapus file yang telah dihapus tanpa meninggalkan jejak. misalnya kamu menggunakan command cipher /w:d . Maka drive yang kamu masuki akan menimpa file yang dihapus dengan hal random jadi tak akan ada lagi jejak. Dan santai saja command ini tak berefek pada file yang tak dihapus, jadi tetap aman. Ini ssangat cocok untuk menghilangkan file yang tak seharusnya ada dimuka bumi ini secara permanen tanpa takut dapat diakses oleh data recovery manapun.

Assoc

Kebanyakan file windows akan memiliki software pembuka default atau biasa disebut associated. Nah command assoc ini adalah kepanjangan dari associate itu sendiri, yang memang untuk menampilkan format file dan aplikasi pembuka format file tersebut.

Baca Juga  Koleksi font keren dan gratis download

kamu bisa melihat suatu file dan software pembukanya dengan assoc jenis file misalnya assoc .mkv maka akan muncul keterangan file dan software pembukanya

Namun kini di windows 10 kamu bisa melihatnya dengan cukup simple yakni dengan Settings (Windows + I) > Apps > Default apps > Lalu pilih file dan software pembukanya

Driverquery

Driver memang menjadi software wajib dalam windows untuk menjalankan hardware secara optimal nah command ini berguna untuk menampilkan detail dari driver serta status dan tempat terinstalnya. Selain itu kamu juga bisa memasukkan driverquery -v untuk mendapat info lebih mendetail.

File compare

Seperti namanya command ini berguna untuk membandingkan suatu file, terlebih text. Bila kamu menulis dan hendak mengetahui perbedaannya kamu tinggal compare menggunakan command ini agar lebih praktis. Sangat cocok terlebih bagi kamu penuliss atau programer yang dimana perubahan kecil berarti besar

Kamu hanya perlu memasukkan command fc spasi alamat file1 spasi file 2 ssebagai contoh:

fc /l "C:\Program Files (x86)\wagey1.doc" "C:\Program Files (x86)\wagey2.doc"

Kamu bisa menambahkan /b untuk binary output, /c untuk mengabaikan text, dan /l untuk ASCII text.

Tracert

hampir mirip dengan ping, cukup dengan mengetik Tracert diikuti domain atau ip address tujuan yang akan kamu trace. kamu akan mendapatkan informasi step rute dari pc ke target dan waktu koneksi ssertta hop antara server dan perangkat.

Netstats

Suatu opsi yang sangat bagus bbila berbicara troubleshooting devices connection berisikan keterangan port dan status suatu koneksi atau kamu juga memasukkan netstat -an untuk detail yang lebih banyak. Mungkin kamu yang sering main jaringan sangat familiar dengan command ini.

Ipconfig

Masih seputar jaringan, command ini akan menampilkan ketterangan ip yang kamu pakai secara detai dan menyeluruh.

Kamu juga bisa memasukkan ipconfig /release lalu ipconfig /renew untuk mereset ip komuttermu menjadi alamat baru. Atau ipconfig /flushdns untuk refresh DNS dan keperluar konfigurasi lainnya.

Baca Juga  Tutorial Menggunakan Google Classroom

Pathping

Bisa disebut verssi advance dari ping. pathping lalu diikuti ip address akan melakukan ping disertai informasi rute dan test packets sangat berguna bila pcmu berada di jaringan dengan router lebih dari 1

Ping

Mungkin kalian tukang jaringan atau gamer online sering menggunakan command ping ini. Berguna mengetahui delay koneksi antara pcmu dengan suatu ip, atau mungkin hanya mengecek koneksi apakah terhubung atau tidak.

Powercfg

Command yang sangat wow dan berguna untuk managemen daya pada komputermu misal powercfg hibernate on dan powercfg hibernate off untuk mengatur state hibernate atau powercfg /a untuk melihat status managemen daya PCmu.

Bisa juga powercfg /devicequery s1_supported yang menampilkan hardware yang mampu support connected standby atau yang biasa dapat kamu akses lewat Device Manager, lalu properties, Power Management tab, lalu cek Allow this device to wake the computer. atau Powercfg /lastwake untuk melihat peripheral apa yang melakukan wake the computer. dan masih banyak lagi seperti powercfg /energy atau  powercfg /batteryreport

Shutdown

Ditambahkan pertama kali saat windows 8 dengan command yang berguna mengatur ssemua keperluan shutdown dan settingan yang bisa kamu tambahkan, misalnya shutdown /r /o untuk restart lalu membuka Advanced Start Options menu dimana kamu bisa mngakses safe mode atau utilitas lain.

Systeminfo

Untuk mengetahui detail tentang komputermu dari mulai OS,hardware Bios dan banyak lagi atau mungkin mendapat detail komputer lain dalam suatu network dengan

systeminfo /s [host_name] /u [domain]\[user_name] /p [user_password]

Tasklist

Untuk menampilkan semua proocess yang sedang berjalan seperti task manager. Namun dengan cangkup yang lebbih misalnya Tasklist -svc menampilkan service yang berjalan untuk suatu task. tasklist -v untuk detail task tasklist -m untuk melihat lokasis dll file yang digunakan suatu task. dan juga tasklist | find [process id] untuk menampilakan nama associated file yang dipakai suatu task.

Baca Juga  HTTP Injector untuk PC windows

Taskkill

Sama dengan end task pada task manager dengan memasukkan taskkill -im di ikuti nama tassk atau, taskkill -pid  process ID. dimana process id bisa kamu lihat di task list..

Chkdsk

Nah kalau ini kalian yang HDD sering error atau bad sector akan menggunakan ini untuk checking dengan banyak parameter seperti /f /r /x /b, f untuk dix error, r untuk recovery, x untuk dismount dan b untuk clear bad sector.

Schtasks

ssingkatan dari schedule ssalah satu tool yang jarang dipakai windows user karena kurang tahu padahal ssangat membantu misalnya akan melakukan sset reboot tiap jumat jam 11.00 kamu bisa memasukkan

schtasks /create /sc weekly /d FRI /tn "auto reboot computer weekly" /st 23:00 /tr "shutdown -r -f -t 10"

atau membuka suatu aplikasi saat startup dengan, sebagai contoh saya buka apex tiap startup

schtasks /create /sc onstart /tn "launch Game on startup" /tr "C:\SteamLibrary\steamapps\common\Apex Legends\r5apex.exe

System File Checker

Suatu tool repair file khusus file system kamu wajib run via administrator lalu sfc /scannow. Maka akan berjalan process scan untuk mencari file corrupt atau hilang dan akan diganti dengan yang seharusnya. process ini memakan waktu yang sangat lama tergantung speed storage yang kamu punya. SSD WIN.

Nah bruh itu tadi beberapa command yang cukup advance untuk digunakan mungkin tak semua bisa kamu terapkan tapi setidaknya bisa untuk menambah pengetahuanmu, Biar keren aja juga bisa kayak hacker nanti ngetik-ngetik di command padahal cuma mau ping doang. Jangan lupa sebelum memakai cmd ketik color 0a biar feel hackernya dapet.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Post comment